Jumat, 20 September 2019

Gerakan Seni: Light and Space


Untitled from the loops series,1969 (Craig Kauffman)

Light and Space menunjukkan gerakan seni yang terafiliasi dan memiliki keterkaitan dengan gerakan seni op art, minimalisme dan abstraksi geometris yang berasal dari California Selatan pada 1960-an dan dipengaruhi oleh John McLaughlin. Secara teknis, karya-karya mereka memfokuskan pada fenomena persepsi, seperti cahaya, volume dan skala, dan penggunaan bahan-bahan seperti kaca, neon, lampu neon, resin dan akrilik cor, seringkali karya mereka disajikan dalam bentuk suatu instalasi. Baik dengan mengarahkan aliran cahaya alami, menanamkan cahaya buatan ke dalam benda atau arsitektur, atau bermain-main dengan cahaya melalui penggunaan bahan transparan, tembus cahaya atau reflektif. Seniman Light and Space memberikan pengalaman estetis kepada penonton akan cahaya dan fenomena sensorik lainnya dalam kondisi tertentu melalui karya mereka. Mereka menggabungkan ke dalam karya mereka teknologi terbaru dari industri rekayasa dan kedirgantaraan yang berbasis di California Selatan untuk mengembangkan objek yang sensual dan dipenuhi cahaya. Turrell, yang telah menyebarkan gerakan ini ke seluruh dunia, menyimpulkan filosofinya dengan mengatakan, "Kita makan cahaya, meminumnya melalui kulit kita."
Craig Kauffman (31 Maret 1932 - 9 Mei 2010) adalah seorang seniman Amerika yang terkait dengan Light and Space, sebuah gerakan yang berasal dari Minimalisme yang dicirikan oleh fokus pada fenomena persepsi, seperti cahaya, volume dan skala. Lukisan dan patung relief dinding abstrak Kauffman termasuk dalam lebih dari 20 koleksi museum, termasuk Museum Seni Modern, Museum Seni Amerika Whitney, Tate Modern, Museum Seni Modern Louisiana, Institut Seni Modern Louisiana, Institut Seni Chicago, Los Angeles Museum Seni County, Museum Seni Seattle, dan Museum Seni Kontemporer, Los Angeles.

Karakteristik karya tercermin dalam judul sebuah pameran di UCLA yang memperkenalkan gerakan ini pada tahun 1971: "Transparansi, Refleksi, Cahaya, Ruang: Empat Seniman". Acara ini menghadirkan karya Peter Alexander, Larry Bell, Robert Irwin, dan Craig Kauffman. Artis lain yang terkait dengan gerakan ini adalah Ron Cooper, Mary Corse, John McCracken, Bruce Nauman, Maria Nordman, Eric Orr, Helen Pashgian, James Turrell, DeWain Valentine, dan Doug Wheeler. Sekelompok seniman teori warna abstrak yang terkenal dipengaruhi oleh Gerakan Cahaya dan Luar Angkasa, terutama: Frederick Spratt, Phil Sims, Anne Appleby, dan David Simpson. Seniman kontemporer terkemuka yang berlatih dalam Gerakan Light and Space termasuk Olafur Eliasson, Ann Veronica Janssens, Jennifer Steinkamp, Gisela Colon, Sophia Collier dan Todd Williamson.
 Untitled,1969 (Craig Kauffman)

Opal, 1966 (Norman Zammitt)

 Solid construction laminated,1966 (Norman Zammitt)

 scrim veil black rectangle natural light whitney, 1977 (Robert Irwin)

Untitled, 1971 (Robert Irwin)

Who's afraid of red yellow blue, 2006 (Robert Irwin)

                                      
                                          Houdin's house 1967 (Tony DeLap) 

Tenkai, 1965 (Tony DeLap) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar