Kamis, 09 Februari 2023

Quotes

Pengertian Quote 

    Quote dalam kata kerja berarti mengulang atau menyalin sebuah teks atau pidato yang ditulis atau disampaikan oleh orang lain. Quote adalah kutipan dari sebuah teks atau pidato. Quote juga merupakan sekelompok kata atau tulisan pendek yang diambil dari sebuah buku, drama, pidato, dan lain-lain dan diulang karena menarik atau berguna.

Quote biasanya diberi tanda kutip (“...”). Biasanya dicantumkan sumber untuk menunjukkan asal kalimat dari sumber lain atau mengkredit si penulis atau pencetus asli. Selain digunakan untuk karya ilmiah, biasanya quote juga bisa kita temui pada gambar-gambar di poster atau internet.

    Tujuan quote ada bermacam-macam. Dalam bidang akademis, kegunaan quote dipakai untuk mendukung argumen atau pendapat dari penulis. Pada ilustrasi atau poster, quote yang berupa kata-kata bijak bertujuan untuk memberi motivasi, inspirasi, pengingat, dan lainnya yang berkaitan dengan gambar yang ada.

Membuat Kutipan Kata Sendiri :

1. Memahami teks yang akan dikutip. 

    Sebelum menulis kutipan kalian dapat menggunakan esensi ide orang lain dan menuliskannya dengan kata-kata sendiri, pahami terlebih dahulu teks yang akan dikutip, ulangi membacanya, lalu tuangkan ide tersebut dengan menggunakan imajinasi sendiri. Pisahkan  teks asli dan tulis inti dari teks tersebut tanpa menconteknya. Menghindari kata-kata copy paste dari karya yang sudah ada, terjemahkan dengan menggunakan bahasa sendiri. Tambahkan catatan yang sesuai dengan konteks teks.  Ajukan pertanyaan kepada diri sendiri, seperti: Di mana peristiwanya terjadi? Bagaimana latar belakangnya? Apa lagi yang perlu diketahui pembaca tentang hal itu? Mengapa hal ini penting bagi kalian? 

2. Silahkan cek ulang teks asli

    Lihatlah apakah masih ada teks asli (jika masih ada, teks tersebut bisa diganti dengan teks lain namun memiliki kesamaan arti) dan baca kembali. Kemudian pastikan teks yang akan disajikan memiliki pesan akurat.

3. Menggunakan tanda kutip. 

    Jika ada frasa atau istilah khas yang kalian pinjam langsung dari teks asli, gunakan tanda kutip untuk membedakannya.

4. Menyebutkan sumber. 

    Sertakan informasi relevan terkait sumber tulisan kalian, termasuk judul, pengarang, dan tanggal publikasi.

Tujuan Membuat Quote:

Tujuan quote yang terkait dalam bidang akademis dipakai untuk mendukung argumen atau     pendapat dari penulis, sedangkan untuk ilustrasi atau poster quote yang berupa kata-kata bijak bertujuan untuk memberi motivasi, inspirasi, pengingat, dan lainnya yang berkaitan dengan gambar yang ada.

Fungsi Quote:

    Bagi seseorang yang sedang merasa sedih atas beberapa faktor, seperti kegagalan meraih cita-cita yang telah diinginkannya dalam mencapai tujuan hidupnya. Kata-kata kutipan motivasi diharapkan mampu membangkitkan semangat yang telah hilang, sedangkan kutipan yang kurang baik ialah kutipan yang membuat pembacanya terkesan agar tetap bersedih dan semakin menyebabkan membuat terpuruk.

Contoh-contoh poster Quote:


















Tidak ada komentar:

Posting Komentar